Curhat

malioboro

malioboro
Malioboro Street

Fish

Label

Selasa, 01 Juni 2010

rpp bahasa arab

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Guru : Abdul Salim
Sekolah : MTs IAIN Mataram
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas / Semester : VII / I

Standar Kompetensi :
 Mendengarkan/ Istima’ Memahami makna dalam hiwar dan teks lisan sederhana
Kompetensi Dasar :
 Merespon makna dalam hiwar yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana tentang التعارف (التعاريف بنفسه )
 Merespon makna dalam hiwar dan teks lisan yang menggunakan ragam bahasa sederhana yang meliputi struktur kalimat dasar التعارف
 Merespon gagasan yang terdapat dalam hiwar dan teks lisan sederhana tentang التعارف (التعاريف بنفسه) dengan menggunakan struktur kalimat dasar yang meliputi: التعارف
Indikator:
 Mendemonstrasikan التعارف (التعاريف بنفسه ) sesuai hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
 Menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
 Menjelaskan ragam لتعارف yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang التعارف (التعاريف بنفسه) yang diperdengarkan
 Menjelaskan makna ragam التعارف yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang التعارف (التعاريف بنفسه) yang diperdengarkan
 Menjelaskan makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang التعارف (التعاريف بنفسه) dengan struktur kalimat dasar التعارف yang diperdengarkan


I. Alokasi waktu : 4 x 40 Menit (dua kali pertemuan)
II. Materi pokok : التعارف (التعاريف بنفسه )
III. Metode pembelajaran :
 Ikhtiyarat/eclectic (sam’iyyah syafawiyah, tanya jawab, penugasan dan lain-lain)
 Ceramah
 Demonstrasi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan awal/Orientasi
 Siswa menjawab pertanyaan guru tentang hal-hal yang berkaitan dengan التعارف (التعاريف بنفسه ) yang pernah didengarnya
 Siswa menyimak informasi yang berkaitan dengan التعارف (التعاريف بنفسه )
2. Kegiatan inti
 Siswa mendengarkan/menyimak hiwar/teks lisan tentang التعارف (التعاريف بنفسه )yang disampaikan guru melalui kaset, VCD, atau suara guru langsung
 Siswa mendemonstrasikan التعارف (التعاريف بنفسه ) sesuai materi yang diperdengarkan dengan bimbingan guru
 Siswa mengidentifikasi makna kata, frase dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan oleh guru dengan bimbingan guru
 Siswa menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan dengan bimbingan guru
 Siswa mengidentifikasi ragam التعارف yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
 Siswa menjelaskan ragam التعارف yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya dengan bimbingan guru
 Siswa mengidentifikasi makna ragam التعارف yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang التعارف (التعاريف بنفسه ) yang diperdengarkan
 Siswa menjelaskan makna ragam التعارف yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang التعارف (التعاريف بنفسه ) yang diperdengarkan
 Siswa menjelaskan makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/ teks lisan tentang التعارف (التعاريف بنفسه ) yang disimaknya dengan bimbingan guru

3. Kegiatan Akhir
 Siswa menjawab pertanyaan guru tentang:
 makna kata, frase, kalimat dan seluruh hiwar atau teks lisan yang disimaknya
 Ragam التعارف (التعاريف بنفسه ) dan maknanya yang terdapat dalam hiwar atau teks lisan yang disimaknya
 Kandungan materi dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya
 Siswa mendemonstrasikan hiwar/teks lisan yang disimaknya
V. Alat dan Sumber Belajar:
 Buku paket, perangkat pembelajaran طارق , linguaphone, kamus, majalah, komik, koran, kaset, VCD, alat peraga, dsb.
VI. Penilaian
 Bentuk tes : Lisan, tertulis dan peragaan
a. Materi tes :
Tes lisan tentang:
 penguasaan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diper-dengarkan
 penguasaan struktur dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengar-kan
 makna ragam التعارف (التعاريف بنفسه ) dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
 makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan mengenai التعارف (التعاريف بنفسه )
b. Tes tertulis tentang :
 penguasaan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diper-dengarkan
 penguasaan struktur dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
 makna ragam ساعة dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
 makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan mengenai التعارف (التعاريف بنفسه )
 kandungan materi hiwar/teks lisan mengenai التعارف (التعاريف بنفسه )

Mataram, 03 mei 2010.


Mengetahui
Dosen Pengampu


S. Ali jadid al idrus
NIP. Penyusun
Kelompok 3



……………………………..
NIm. 151 …… ……